Ayo jadi reseller, dropship, dan grosir produk kami. MENGUNTUNGKAN

Cerpen Populer – Balada Sarjana Nganggur

Monday, January 9th 2017.

Balada Sarjana Nganggur

Farida bahkan udah melamar kerja sejak surat keterangan lulus kuliah keluar. Itu ia lakukan sejak beberapa minggu sebelum wisuda. Sayangnya, tidak ada satu pun panggilan kerja. Saat itu dia masih santai saja karena teman-temannya juga masih belum kerja. Ditambah lagi dia juga masih sibuk berbagai macam keperluan untuk wisuda. Semua itu baru terasa akhir-akhir ini, sudah satu bulan lebih dia jadi sarjana, lebih tepatnya jadi pengangguran dengan ijazah sarjana.

Balada Sarjana Nganggur

Mbok kamu tuh nyari kerjaan di internet. Pasti ada banyak. Nyari lowongan PNS katanya kemarin ada bukaan bulan ini,” ungkap Ibunya.

“Iya,” jawab Farida singkat.

Dia sudah bosan tiap hari mendengar kalimat itu terus diulang-ulang. Selama ini dia juga sudah mencari pekerjaan. Nggak Cuma di internet bahkan dia bertanya ke semua teman-temannya. Pesan terkirim di emailnya sampai penuh dengan lamaran kerja. Sayang pesan masuknya masih kosong.

“Kamu itu udah disekolahin tingi-tinggi Cuma mau malas-malasan di rumah,” ungkap Ibu suatu hari.

Saat itu masih pagi. Farida baru saja bangun tidur. Mendengar kata-kata itu tentu Farida langsung emosi. Hanya saja semua ditahan. Selama ini dia hanya diam setiap kali mendenger ucapan-ucapan kurang mengenakan dari Ibu atau tetangganya.

Tak jarang sang Ibu membanding-bandingkan Farida dengan anak-anak tetangganya yang sudah kerja, sudah bisa ngasih uang ke orang tua, sudah bisa beli motor, dan lain sebagainya. Jika sudah begitu, Farida lebih baik pergi dan mengurung diri di kamar.

“Baru juga nganggur sebulan, udah diperlakukan seoalah-olah gue ini orang paling nggak berharaga dan anak paling nggak berguna di dunia. Perasaan si Nita dulu nganggur setahun lebih, orangtuanya biasa-biasa aja. Malah rajin ngasih support. Nggak kayak gue,” Farida ngomel sendiri di kamar.

Setelah sebulan hidup tanpa berpenghasilan, Farida terfikir untuk segera mendapatkan penghasilan walaupun Cuma sedikit. Setidaknya cukup untuk dia beli pulsa internet dan main sesekali. Dia membuka ponselnya. Dia membuka Facebook dan melihat ada beberapa temannya yang jualan online. Farida mulai terfikir untuk melakukan usaha yang sama.

Akhirnya dia mencari-cari supplier yang cocok. Dia menemukan ayobelanjabaju.com. Dia menghubungi pihak ayobelanjabaju.com dan mengatakan bahwa dia ingin menjadi reseller. Setelah tahu banyak info dan prosedur akhirnya Farida setuju untuk julanan online. Dia menggunakan uang tabungannya saat kuliah untuk modal.

Beberapa hari, pelanggan masih sedikit. Hanya beberapa orang yang sudah kenal dan mungkin kasian dengan nasib Farida yang mau membeli barang-barang di onlineshop Farida.

“Masih belum ada panggilan kerja?” tanya Ibu.

“Belum, Bu. Tapi sekarang aku lagi nyoba bisnis online. Lumayan kok hasilnya.”

“Halah… Nanti juga palng rugi. Uangnya juga nggak seberapa. Nggak ada tanggungan di masa tua,” jawa Ibu.

Farida lagi-lagi diam dan memilih pergi. Setelah giat mengelola online shop miliknya, pelanggan makin banyak. Kadang baju couple yang dia jual sampai kehabisan stok. Di bulan pertama penghasilan Farida sudah lumayan.

Dia berfikir untuk kos saja. Alasanya sederhana, dia ingin menghindari omongan-omongan tetangga dan Ibunya yang kadang membuatnya sakit hati. Tapi, Farida masih belum yakin uangnya akan cukup untuk makan dan bayar kos. Kalaupun cukup, dia mungkin tidak bisa menanbung dan memberikan uang ke orangtuanya.

Akhirnya, dia memutuskan untuk tetap di rumah saja. Dia sudah makin terbiasa dengan ucapan orang-orang di sekelilingnya. Di bulan kedua setelah menjalankan usahanya, Farida sudah berhasil membelikan kulkas untuk ibunya. Beberapa hari lalu ibunya cerita bahwa Dita, tetangga sebelah rumah yang Cuma lulusan SMK udah bisa beliin kulkas dua pintu untuk Ibunya.

“Enaknya… Nasibku kok nggak beruntung. Pengin kulkas dari dlu juga nggak kesampaian,” ujar Ibunya.

Mendengar itu, Farida langsung bergegas cek saldo di atm. Setelah dilihat ternyata lumaya dan cukup untuk beli kulkas.

Saat kulkas itu iba di rumah Sang Ibu kaget. Dia tidak menyangka anaknya yang selama ini ‘tidak bekerja’ punya uang untuk beli kulkas mahal.

“Itu bukti kalau aku kerja dan nggak Cuma malas-malasan di rumah,” jawab Farida.

Sejak hari itu, Ibunya mulai paham bahwa zaman sekarang kerja nggak harus di kantor, berangkat pagi pulang malem, dandan cantik. Kerja di rumah penghasilannya juga nggak kalah besar.

Produk terbaru

New
Rp 79.500
Order Sekarang » SMS : 0852 8820 2838
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeDS3060
Nama BarangT-Shirt Asian Games 2018 Football
Harga Rp 79.500
Lihat Detail
Stok : 100
New
Rp 79.500
Order Sekarang » SMS : 0852 8820 2838
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeDS3059
Nama BarangKaos Asian Games 2018 VolleyBall
Harga Rp 79.500
Lihat Detail
Stok : 100
New
Rp 79.500
Order Sekarang » SMS : 0852 8820 2838
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeDS3060
Nama BarangBaju Asian Games 2018 Sepakbola
Harga Rp 79.500
Lihat Detail
Stok : 100
New
Rp 79.500
Order Sekarang » SMS : 0852 8820 2838
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeDS3056
Nama BarangT-Shirt Asian Games 2018 Jakarta Palembang
Harga Rp 79.500
Lihat Detail
Stok : 100
New
Rp 92.500
Order Sekarang » SMS : 0852 8820 2838
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeDS3058
Nama BarangKaos Asian Games 2018 Jakarta Palembang
Harga Rp 92.500
Lihat Detail
Stok : 100
New
Rp 92.500
Order Sekarang » SMS : 0852 8820 2838
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeDS3058
Nama BarangBaju Family Asian Games 2018 Jakarta Palembang
Harga Rp 92.500
Lihat Detail
Stok : 100
New
Rp 79.500
Order Sekarang » SMS : 0852 8820 2838
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeDS3057
Nama BarangBaju Asian Games 2018 Jakarta Palembang
Harga Rp 79.500
Lihat Detail
Stok : 100
New
Rp 79.500
Order Sekarang » SMS : 0852 8820 2838
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeDS3036
Nama BarangT-Shirt Piala Dunia Rusia 2018 Team Samba Brazil
Harga Rp 79.500
Lihat Detail
Stok : 100